BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Pelaksanaan
kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) dalam rangka pelaksanaan
program
Pendidikan Sistem Ganda (PSG), siswa diarahkan agar dapat :
- Memperdalam dan memperluas penguasaan profesional kejuruan.
- Menghayati suasana (iklim) kerja dalam situasi sesungguhnya
- Menginternalisasikan etos kerja secara positif.
- Memadukan kegiatan belajar di sekolah dan bekerja di Dunia Usaha/Industri dalam suatu kesatuan sistem, untuk mencapai tingkatan keahlian tertentu. Upaya tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mencapai tujuan relevansi pendidikan dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja. (Dunia Usaha/Industri). Harapan utama dari kegiatan pelaksanaan praktek di Dunia Usaha/Industri, disamping meningkatkan keahlian profesional siswa akan memiliki etos kerja, inisiatif, motivasi kerja, kreativitas, hasil pekerjaan yang berkualitas, disiplin waktu dan kerajinan dalam bekerja.
1.2 LANDASAN HUKUM
Pelaksanaan
Pendidikan Siste Ganda (PSG) yang salah satu kegiatannya adalah
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
didasarkan pada ketetentuan-ketentuan yang
tertuang dalam :
- Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional
- PP Nomor 39 Tahun 1992 tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional
- Keputusan Mendikbud nomor 0490/1992 tentang SMK
- Keputusan Mendikbud nomor 080/U/1993 tentang Kurukulum SMK
- Naskah Perjanjian Kerjasama antara Departemen Tenaga
Kerja dengan Departemen
Dengan Pendidikan dan Kebu dayaan Nomor: kep.111/Men/2004 tentang Sistem Pemagangan dan Sistem Ganda
1.3 TUJUAN
Tujuan Penyusunan Buku Jurnal dan Laporan Kegiatal Siswa
Praktek Industri ini adalah
guna mendukung
pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda dalam rangka “Link and Match” dimana SMK
bekerjasama dengan Dunia Usaha/Industri, untuk meningkatkan kualitas lulusan
SMK sebagai sumber daya manusia yang handal dan profesional. Untuk itu siswa,
guru dan pembimbing maupun Dunia Usaha/Industri sebagai tempat pelaksanaan PSG
dipandang perlu mempunyai satu pedoman yang sama, berupa : “JURNAL DAN
LAPORAN KEGIATAN SISWA PRAKTEK KERJA INDUSRI” . Jurnal ini masih bersifat langkah-langkah umum yang penerapannya masih
memerlukan penyesuaian baik pihak Dunia Usaha/Industri saat ini. Penulisan
jurnal ini dimaksudkan untuk membekali para siswa dan pembimbing di dunia Usaha/Industri
maupun Sekolah dalam rangka pelaksanaan PSG dalam membimbing siswa melaksanakan
praktek di Dunia Usaha/Industri yang sejalan dengan kompetensinya. Jurnal dan
Laporan Kegiatan Siswa Praktek Kerja Industri ini bertujuan :
- Mengetahui
perkembangan siswi selama mengikuti praktek keahliannya di Dunia/Industri antara
lain meliputi :
a. Kegiatan mingguan.
b. Kemampuan kerja siswa di Dunia Usaha/Industri.
c. Penilaian dari pihak Dunia Usaha/Industri terhadap siswa.
d. Catatan-Catatan penting dari pembimbing pihak Dunia Usaha/Industri yang harus diperhatikan siswa di sekolah.
- Sebagai bukti atas kegiatan praktek keahlian yang dilakukan di Dunia Usaha/Industri dan sebagai lampiran dari Sertifikat yang akan dimiliki oleh siswa.
1.4 TATA
TERTIB
Setiap
Dunia Usaha/Industri mempunyai tata tertib kerja yang harus dipatuhi setiap
Pekerja di
perusahaan tersebut. Secara umum tata tertib kerja yang perlu diperhatikan
para siswa
antara lain :
1.
Bersikap sopan dan
santun serta bekerja jujur .
2.
Memperhatikan dan
melaksanakan aturan-aturan keselamatan kerja yang diperlukan dalam melaksanakan
suatu pekerjaan.
3.
Mentaati dan
melaksanakan semua peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di perusahaan
dengan baik
4. Bekerjasama dengan karyawan yang berada di perusahaan
tersebut.
1.5. HARAPAN
1.
Kemauan Bekerja.
2.
Motivasi kerja.
3.
Inisiatif kerja.
4.
Kreativitas kerja.
5.
Pekerjaan yang
berkualitas.
6.
Disiplin waktu.
7.
Kerajianan.
Sumber : Format SMKN 4 Bandung
Sumber : Format SMKN 4 Bandung
0 komentar:
Posting Komentar
Anda bertanya, saya akan mencoba menjawabnya ~,~